5 Budaya Indonesia Yang Mendunia


Hallo para pembaca blog, semoga kalian sehat selalu ya. Ngomong ngomong soal budaya Indonesia tercinta kita memiliki sangat amat banyak ragam budaya, dari pelosok sabang sampai pelosok merauke. Keragaman budaya ini pun ada yang sudah mendunia, mari kita sebagai generasi muda wajib mengetahui tentang budaya budaya yang sudah terkenal di dunia. Berikut 5 Budaya Indonesia yang terkenal di dunia :

1. Batik


Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, sehingga Batik indonesiaa telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Nah semenjak itu Indonesia selalu memperingati tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Batik Indonesia pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden ke-2 Indonesia yaitu Bapak Soeharto, kenapa bapak Presiden Soeharto bisa dibilang memperkenalkan batik kepada dunia ? Yaps, pasti sebagian dari kalian sudah mengetahuinya dan ada juga yang belum mengetahuinya. Oke saya akan menjelaskan secara singkat saja pada Konferensi PBB yang diwakili oleh beliau, beliau menggunakan batik. Batik juga memiliki banyak makna bukan hanya sekedar motif-motif yang dibuat melalui teknik pewarnaan tradisional, tetapi dalam makna atau budaya Jawa lebih bermakna karena teknik dan proses dalam pembuatan motif tersebut.

2. Reog


Reog bagi sebagian orang sudah tau dan ada yang belum, di point yang kedua ini saya akan menjelaskan sedikit tentang kesenian Reog. Yak, Kesenian ini masih kental dengan hal-hal berbau mistik atau yang biasanya kita sebut ghaib. Dalam pertunjukan tradsional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur ini sudah mulai diakui juga oleh UNESCO dan juga biasanya menampilkan sosok warok dan gemblak, bagi yang belum mengetahui apa itu warok dan gemblak oke saya bisa menjelaskan secara singkat saja. Warok adalah sebutan yang berasal dari kata wewarah dalam bahasa jawa yang berarti mampu memberi tuntunan dan ajaran perihal kehidupan. Sedangan Gemblak dalam artian Jawa merupakah bocah laki-laki yang berusia antara 12-15 tahun, mereka memiliki wajah yang bersin tampan dan terawat. Kenapa harus ada warok dan gemblak ? itu sudah menjadi hal yang biasa atau wajar apabila seorang warok memiliki gemblak, bahkan tak hanya sesekali namun berkali kali seorang warok berusaha beradu kesaktian untuk memperebutkan seorang gemblak idaman. Pada abad ke-15 seorang abdi Kerajaan Majapahit bernama Ki Ageng Kutu untuk mengumpulkan dukungan masyarakat guna melakukan pemberontakan dengan cara menggunakan reog.

3. Angklung


Angklung adalah alat musik nusantara yang multitional atau bernada ganda yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Angklung terbuat dari bambu, dan juga UNESCO sudah mengakui angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia sejak 16 November 2010. Nah, bagi kalian yang belum mengetahui kapan hari angklung se-dunia, hari angklung sedunia dijatuhkan pada setiap 16 November mengingat 16 November 2010 sebagai hari diresmikannya angklung oleh UNESCO.

4. Wayang


Wayang adalah seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu. Wayang juga sudah mulai diakui UNESCO sebagai Karya Agung Budaya Dunia pada tahun 2003, dan pada saat tahun 1950-1960an Wayang memiliki puncak kejaaan dimana Wayang yang diakui para peneliti baat sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.

5. Keris


Keris adalah senjata tikam golongan belati (yang berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal dikawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Keris diakui oleh organisasi Internasional UNESCO Worl Heritage pada tanggal 25 November 2005 dan Keris diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia. Tetapi hari keris nasional atau internasional masih susah untuk diputuskan karena pada tanggal 12 Maret 2006 para paguyuban pemerhati dan pecinta keris mengusulkan sedangkan budaya lainnya jatuh pada tanggal diresmikannya budaya tersebut sebagai hari untuk memperingatinya.


Mungkin sebagian dari pembaca bingung, ini postingannya bergambar apa isi nya apa. Oke saya akan menjelaskan kenapa saya memposting gambar tempat tempat di Indonesia yang terkenal sampai di dunia, selain kalian bisa mengetahui nama nama tempat yang berada pada gambar setiap postingan kalian juga pasti akan memiliki perasaan bangga pada setiap gambar yang saya posting karena itulah kekayaan kita. Ditunggu update post selanjutnya ya para pembaca.
5 Budaya Indonesia Yang Mendunia 5 Budaya Indonesia Yang Mendunia Ditinjau Oleh Rizal Farhan di Juni 30, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.