Pengertian Budaya Indonesia


         Budaya indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum merdeka pada tahun 1945. Kata Kebudayaan sendiri diambil dari kata "culture" yang berasal dari Inggris, sedangkan kata culture sendiri berasal dari bahasa latin "colore" yang berarti mengolah, mengerjakan, menunjuk pada pengolahan tanah, perawatan dan pengembangan tanaman dan ternak, mungkin bagi para pembaca ini sedikit tidak nyambung. Sementara itu, kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta, buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi. Kata buddhi berarti budi dan akal. Kamu besar Bahasa Indonesia mengartikan kebudayaan sebagai hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budaya) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat – istiadat.

       E.B. Taylor mendefinisikan kebudayaan sebagai hal yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt-istiadat, kebiasaan serta kemampuan-kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Menurut Koentjaningrat (1985) kebudayaan adalah keseluruhan ide-ide, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

      Definisi lebih singkat terdapat pada pendapat Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi (1964), menurut mereka kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Bila disimak lebih seksama, definisi Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi lebih menekankan pada aspek hasil material an kebudayaan. Sementara Koentjaraningrat menekankan dua aspek kebudayaan yaitu abstrak (non material) dan konkret (material. Pada definisi Koentjaraningrat, tampak bahwa kebudayaan merupakan suatu proses hubungan manusia dengan alam dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah. Dalam proses tersebut manusia berusaha mengatasi permasalahan dan tantangan yang ada dihadapannya.

      Mungkin sebagian dari pembaca bingung, ini postingannya bergambar apa isi nya apa. Oke saya akan menjelaskan kenapa saya memposting gambar tempat tempat terkenal yang ada dunia, selain kalian bisa mengetahui nama nama tempat yang berada pada gambar setiap postingan kalian juga pasti akan memiliki perasaan bangga pada setiap gambar yang saya posting karena itulah kekayaan kita.
Pengertian Budaya Indonesia Pengertian Budaya Indonesia Ditinjau Oleh Rizal Farhan di Juni 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.