Cara Melestarikan Budaya Indonesia



Hallo para pembaca blog, semoga kalian sehat selalu ya. Kembali di post selanjutnya akan membahas Cara Melestarikan Budaya Lokal. Ngomong ngomong soal budaya Indonesia tercinta kita memiliki sangat amat banyak ragam budaya, dari pelosok sabang sampai pelosok merauke. Dari berbagai macam kebudayaan yang sangat amat banyak tersebut budaya kita perlahan lahan mulai hilang, kita sebagai generasi muda sudah semestinya layak atau patut untuk melestarikan. Kalian pasti bingung gimana caranya kan ? Sebelum kita ke cara cara melestarikan budaya Indonesia, akan lebih baik jika kalian tidak melupakan budaya karna semakin hari seiring berjalannya waktu budaya Indonesia mulai dilupakan sedikit demi sedikit. Banyak anak jaman sekarang yang ketika diberi tugas seperti menyanyi lagu adat, menari atau mempelajari tarian daerah, sungguh miris bukan ? tetapi kenapa ketika serial kartun Upin dan Ipin mempetunjukan Wayang sebagai budaya nya kenapa kalian marah padahal kalian sendiri yang melupakannya bukan ? Kita sebagai generasi muda sudah semestinya kitalah yang melestarikan budaya tersebut baik dari segi teknologi atau informasi. Tenang sekarang saya disini akan memberikan cara cara untuk melestarikan budaya kita :


1. Mau mempelajari atau mengenal budaya


Kenapa yang pertama harus "Mau mempelajari atau mengenal budaya" ? itu sebuah pertanyaan yang sangat amat bagus, karena jika kita tidak memiliki niat (mau) belajar atau mengenal saja kita tidak akan tau apa saja budaya kita, dari belajar juga kalian bisa mengetahui banyak tentang budaya. Di era zaman sekarang sudah banyak pendukung untuk kita belajar tinggal kitanya saja kita punya keinginan belajar atau tidak ? jika tidak sudah pasti kalian tidak mau melestarikan budaya kita.


2. Ajarkan kepada orang lain

Maksud saya dalam bagian kedua ini, kita bagi yang sudah belajar atau mengetahui budaya budaya Indonesia tidak ada salahnya mengajarkan atau memberi tau akan kekayaan budaya yang ada di negeri kita. Kalian bisa mengajarkan melalui Internet, membuat informasi dan sebarkan di facebook, ada juga cara lain yaitu dengan mengajarkan kepada yang lebih muda akan pentingnya budaya bagi bangsa kita.


3. Memperkenalkan kepada dunia

Bagi para pembaca yang memiliki akun sosial media atau kegiatan seni lokal kalian semestinya harus bisa memposting tentang budaya kita semisalnya kalian berfoto dengan memegang wayang, jangan pernah takut dibilang kuno atau ndeso karena mereka yang mengatakan seperti itu mereka tidak memiliki kesadaran tentang pentingnya budaya bagi bangsa kita.


4. Tidak terpengaruh dengan budaya asing

Yaps mungkin sebagian dari para pembaca ada yang menjadi sosialita atau selalu update dengan segala hal hal baru yang berbau luar negeri kalian boleh seperti itu tidak ada yang melarang kalian seperti tetapi kalian juga jangan melupakan budaya kita semisal kalian lagi suka pertunjukan hip-hop dance jangan sampai juga kalian lupa dengan tari kecak yang sudah diakui oleh UNESCO.


5. Berbanggalah akan budaya kita

Nahh sampai nih dicara yang terakhir setelah kalian belajar cara cara dari awal tadi sekarang tinggal kalian banggakan saja produk produk asli negeri yang ada unsur budaya kita, semisalnya jaket hoodie batik itu keren pakek banget kan nah pamerin aja ke temen temen siapa tau temen temen ngikut pakek jaket hoodie batik, kan batik jadi trend.

Mungkin sebagian dari pembaca bingung, ini postingannya bergambar apa isi nya apa. Oke saya akan menjelaskan kenapa saya memposting gambar tempat tempat di Indonesia yang terkenal sampai di dunia, selain kalian bisa mengetahui nama nama tempat yang berada pada gambar setiap postingan kalian juga pasti akan memiliki perasaan bangga pada setiap gambar yang saya posting karena itulah kekayaan kita. Sampai jumpa pada post selanjutnya para pembaca.
Cara Melestarikan Budaya Indonesia Cara Melestarikan Budaya Indonesia Ditinjau Oleh Rizal Farhan di Juli 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.