Cara Melestarikan Budaya Indonesia Dengan Teknologi



Hallo para pembaca blog kembali lagi pada postingan selanjutnya nih, kabar kalian bagaimana ? semoga sehat selalu beserta keluarga kalian ya. Di masa globalisasi seperti sekarang ini, teknologi bukan lagi menjadi hal yang mewah, tetapi sudah menjadi kebutuhan untuk semua manusia. Setiap hari pasti manusia selalu membutuhkan teknologi, baik untuk membantu pekerjaannya maupun untuk berkomunikasi. Teknologi yang ada sekarang memang sudah semakin canggih dan praktis. Karena pada dasarnya teknologi dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Namun, tantangan terberatnya adalah bagaimana semua teknologi canggih dan praktis tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia, khususnya untuk melestarikan budaya dan nilai luhur Bangsa Indonesia. Kenyataannya memang teknologi mempunyai dampak baik dan buruk bagi penggunanya. Namun, semua itu tergantung bagaimana para pengguna teknologi tersebut dalam menyikapi hal tersebut. Berikut, beberapa cara pemanfaatan teknologi untuk melestarikan Budaya Bangsa Indonesia.

1. Media Sosial

Dengan jejaring sosial kita bisa melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa indonesia dengan berbagai cara. Kita bisa membuat status tentang sejarah atau info suku budaya yang di miliki suatu daerah. Dengan begitu teman yang ada di jejaring sosial tersebut bisa mengetahui bagaimana budaya-budaya yang ada di indonesia.  Terlebih lagi apabila teman kita ada yang berasal dari negara asing. Kita bisa memberikan informasi bahwa di indonesia mempunyai beranekaragam suku dan budaya. Lalu, bisa juga melalui foto profil account kita yang menggambarkan diversity etnik budaya yang ada di indonesia. Contohnya dengan menggunakan foto rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Tetapi, yang perlu di perhatikan adalah penggunaan tata bahasa dalam menyampaikan suatu informasi. Jangan sampai tata bahasa yang digunakan itu berbau sara,agar kita dapat mempertahankan nilai luhur bangsa ini, gunakanlah bahasa yang sopan untuk mengangkat nilai luhur bangsa kita.

2. Fotografi & Videografi

Kamera merupakan media yang cocok untuk mendokumentasikan suatu peristiwa atau kejadian. Dan lewat kamera inilah kita bisa melastarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia. Contohnya saja bila kita pergi ke suatu tempat di Indonesia, dan disana terdapat keaneraragaman budaya yang dipunyai oleh daerah tersebut, maka kita bisa mendokumentasikan hal-hal yang menarik yang ada disana lewat karya sebuah foto. Lalu dalam bidang video shooting, kita bisa mendokumentasikan etnik suku budaya suatu daerah dalam bentuk karya film. Dengan mengkolaborasikan dua bidang tersrbut, hal yang bisa di wujudkan adalah kita bisa membuat suatu pameran atau gallery yang di dalamnya terdapat foto-foto dan film-film dari berbagai budaya di Indonesia. Dengan kegiatan tersebut orang asing ataupun orang asli Indonesia itu sendiri, bisa tahu betapa beragamnya budaya yang di punyai Indonesia. Dan bisa kembali mengakat etnik budaya suatu daerah yang hampir punah karena tergerus modernisasi. Namun, kendala dari kedua bidang ini adalah biayanya yang cukup menguras uang. Tetapi, jika kita mau berusaha kita bisa mewujudkannya.

Itulah beberapa cara melestarikan budaya bangsa indonesia melalui teknologi, gunakanlah teknologi di masa sekarang sebaik mungkin agar tidak berdampak buruk bagi bangsa kita. Dan mungkin sebagian dari pembaca bingung, ini postingannya bergambar apa isi nya apa. Oke saya akan menjelaskan kenapa saya memposting gambar tempat tempat terkenal yang ada dunia, selain kalian bisa mengetahui nama nama tempat yang berada pada gambar setiap postingan kalian juga pasti akan memiliki perasaan bangga pada setiap gambar yang saya posting karena itulah kekayaan kita.
Cara Melestarikan Budaya Indonesia Dengan Teknologi Cara Melestarikan Budaya Indonesia Dengan Teknologi Ditinjau Oleh Rizal Farhan di Oktober 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.